7 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik / Kantor Yang Tidak Menyita Banyak Waktu

Usaha sampingan bagi karyawan pabrik membutuhkan manajemen waktu yang tepat. Tidak banyaknya waktu luang dirumah menjadi satu alasan. Selain itu, kita diharuskan lebih jeli dalam melihat peluang dan potensi yang ada pada diri kita serta potensi di lingkungan / pasar agar usaha yang kita lakukan tidak sia – sia. Usaha sampingan bagi karyawan pabrik atau pekerja kantoran yang pulang siang atau sore hari atau dengan sistem shift memang membutuhkan waktu tersendiri. Atau bisa dengan memilih bisnis sampingan yang tidak terlalu banyak menyita waktu. Nah bisnis apa saja itu?

7 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik / Kantor Yang Tidak Menyita Banyak Waktu

Usaha sampingan karyawan pabrik yang praktis, tidak menyita banyak waktu

1. MLM
Mendengar kata ini, mungkin sebagian orang akan alergi. Namun tidak sedikit dari mereka yang sukses dalam menjalankan bisnis MLM. Jika Anda memiliki relasi kantor yang banyak, maka bisa memanfaatkan bisnis MLM menjadi salah satu bisnis sampingan. Selain bisa dilakukan sambil lalu dan tidak memerlukan tempat khusus, bisnis ini juga bisa dilakukan dengan cara menawarkan barang sambil bertemu, mengunjungi saudara atau teman dan relasi Anda dengan waktu tidak terbatas.

2. Membuat website / blog
Jika Anda sebelumnya memiliki ketrampilan dalam membuat blog atau website, senang menulis maka membuat blog atau website bisa menjadi hobi tersendiri dan menjadikannya uang. Memang butuh waktu dan ketekunan untuk melakukan pekerjaan sampingan yang satu ini . Namun jika Anda benar – benar memiliki passion di dalamnya, bukan tidak mungkin bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Jika Anda sudah mengenal dalam memiliki kemampuan serta keahlian mengelola blog atau wesite dan memiliki modal, maka membeli blog yang sudah jadi dan menghasilkan bisa dijadikan opsi. Anda tinggal mengelolanya saja serta dengan mengeluarkan modal (dengan perhitungan tentunya), maka bisnis ini bisa berjalan tanpa Anda tunggui seharian.

3. Jual pulsa
Sudah bukan rahasia lagi jika pulsa sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi. Pengguna hp semakin banyak. Smartphone dengan fasilitas internet juga membuat kebutuhan pulsa semakin meningkat. Anda dapat mengawali bisnis jual – beli pulsa dengan teman – teman kerja pabrik Anda. Selalu catat, pembelian dari teman – teman pabrik Anda. Karena bukan tidak mungkin mereka membayar pulsa belakangan, ini yang perlu kita antisipasi bersama. Anda hanya mengawali dengan modal hp saja serta deposit pulsa. Untuk awal – awal menjalankan bisnis sampingan ini tidak perlu deposit yang terlalu banyak, sesuaikan saja sesuai kebutuhan. 

Mengembangkan bisnis berdasakan hobi

4. Memilihara ikan hias
Sungguh menyenangkan jika kita bisa menghasilkan uang dengan hobi kita. Misal anda memiliki hobi merawat dan mengembangkan biakkan ikan hias. Anda dapat memilihara dan mengembangkannya serta menjualnya. Hal yang terpenting dari usaha atau bisnis sampingan berdasarkan hobi ini adalah kita tidak terlalu banyak harus menghabiskan waktu dengan hoby kita. Kita membutuhkan waktu – waktu tertentu untuk sekedar mengetahui dan merawat perkembangan ikan hias kita. Jika Anda tertarik, pelajari terlebih dahulu seluk beluk mengenai budidaya ikan hias. Sedikit demi sedikit kita akan mengetahui bagaimana cara budi daya ikan hias yang memiliki prospek dan menghasilkan.

5. Budidaya tanaman hias
Sama dengan budidaya ikan hias, budi daya tanaman hias, misal bunga atau bonsai bisa Anda lakukan dan hanya butuh waktu - waktu tertentu untuk merawatnya artinya Anda tidak terlalu menghabiskan waktu menunggui tanaman tersebut seharian. 

6. Membuka usaha perbaikan barang elektronik
Bisnis sampingan lainnya berdasarkan hobi tentunya berbeda. Anda dapat melihat potensi dan kesukaan Anda. Misal Anda menyukai elektronik dan kebetulan lulusan sekolah elektronik. Anda dapat mengembangkannya untuk membuka usaha sampingan memperbaiki reparasi barang – barang elektronik. Namun Anda tentunya akan mengerjakannya disaat Anda berada sepulang kerja. Anda bisa memperkenalkannya pada teman – teman kerja pabrik atau kantor Anda. Dan mereka tentunya akan tahu waktu luang Anda untuk mengerjakan barang – barang elektronik mereka yang rusak.

7. Jika memiliki modal lebih, membuka usaha laundry
Jika kita memilki modal lebih, maka kita bisa membuka usaha laundry. Kita tidak perlu menanganinya sendiri. Cukup 1 karyawan terlebih dahulu. Selain itu kita membeli mesin cuci dan pengering. Perlu dilihat juga mengenai potensi di sekitar tempat tinggal Anda, apakah berpotensi atau tidak.

Mengenai bisnis laundry, Anda bisa membacanya disini :


Nah itulah ide bisnis dan usaha sampingan karyawan pabrik atau kantor yang tidak terlalu menyita waktu setelah Anda pulang kerja. Semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda semua.