Soto Ayam dan Daging, Bisnis Kuliner yang Masih Menjanjikan?

Soto merupakan jenis makanan yang populer di masyarakat Indonesia. Beberapa varian soto ditemukan sesuai dengan cita rasa masing – masing daerah yang berbeda – beda. Namun dari semua soto tersebut, terdapat dua jenis soto yang populer yakni soto ayam dan soto daging. Namun mungkin timbul pertanyaan dibenak kita, apakah soto masih merupakan jenis bisnis kuliner yang menjanjikan dan sangat menguntungkan untuk saat ini? Salah satu alasannya adalah karena bahan baku digunakan tidak terlalu memerlukan budget yang tinggi. Jenis usaha kuliner soto juga sangat menjanjikan karena masyarakat Indonesia telah sangat akrab dengan masakan yang satu ini. 

Soto Ayam dan Daging, Bisnis Kuliner yang Masih Menjanjikan?
Soto khas Sukaraja dengan campuran bumbu kacang

Cita rasa masing – masing daerah yang berbeda membuat pengolahan dengan pemilihan bumbu juga berbeda. Namun secara garis besar beberapa bumbu untuk membuat bisnis kuliner soto ini adalah sebagai berikut :
  • Bumbu :
  • Merica
  • Garam
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Daun jeruk 
  • Daun salam


Beberapa bahan yang belum tentu semua jenis soto memakainya adalah touco (soto tauto Brebes / Tegal). 

Untuk bahan - bahan lainnya seperti daun kobis, kol, soun, daun seledri dan kerupuk. Bisa juga ditambah kacang, jika Anda ingin membuat soto ala Sukaraja.

Soto lebih fokus pada cita rasa kuah yang segar dan terasa khas. Untuk itu perlu di dalam membuat kuah soto diusahakan untuk membuat seenak mungkin dan tentunya memiliki ciri khas. Cita rasa kuah adalah salau satu kunci untuk membuat rasa soto menjadi enak dan segar.

Soto basanya dinikmati bersama dengan nasi, disajikan ke dalam mangkuk. Beberapa jenis soto yang khas seperti soto Kudus, soto tegal, Sukaraja dan lain – lain.

Soto Ayam dan Daging, Bisnis Kuliner yang Masih Menjanjikan?
Salah satu masakan soto dengan menggunakan kuah santan

Membuka usaha warung soto merupakan bisnis kuliner yang menjanjikan asalkan kita bisa mengolah masakan dengan kuah yang lezat, harga yang bersaing dan tempat yang nyaman bagi pembeli juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Di beberapa daerah, soto biasanya dijual ramai saat pagi hari. Para pegawai kantor dan pelajar biasanya menjadikan soto sebagai menu sarapan sebelum mereka berangkat ke kantor atau ke kampus.