Menjahit, Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Peluang bisnis ibu rumah tangga selalu ada dan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Keinginnan untuk memulai usaha dengan moda kecil namun keuntungan besar memang menjadi pertimbangan sendiri. Salah satu bisnis yang bisa dilakukan untuk para ibu rumah tangga adalah menjahit. 

Menjahit, Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Bisnis menjahit merupakan bisnis yang terus hidup karena terkait dengan kebutuhan sandang yang tidak ada habisnya. Jadi selain bisnis kuliner, bisnis sandang akan menjadi usaha yang terus ada.

Nah pertimbanganya, untuk ibu – ibu mau mulai bisnis pakaian di industri apa? Hal terbaik adalah menyesuaikan dengan kemampuan dan passion. Misal, Anda merasa menyukai untuk menjual baju, maka usaha yang ditekuni bisa menjual berbagai bahan seperti benang, kain dsb.

Namun jika Anda memiliki kemampuan untuk menjahit pakaian, maka Anda dapat membuka jasa jahit pakaian. Usaha ini memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Namun dengan belajar semua bisa saja terjadi.

Persiapan membuka bisnis menjahit :

1. Persiapkan alat – alatnya 
Langkah pertama dalam memulai bisnis rumah tangga menjahit adalah menyiapkan alat – alatnya. Anda dapat membeli mesin jahit yang lengkap sekaligus agar nantinya mudah di dalam melakukan pekerjaan Anda. Harga 1,5 juta bisa buat beli mesin jahit lengkap dengan kemampuan multiguna yakni menjahit membordir dsb. Kalau belum memiliki modal bagaimana? Anda dapat memulai dengan cara manual dengan membuka jasa aneka baju boneka misalnya. Jadi modal kecil jangan menjadi penghalang untuk membuka usaha.

2. Pemilihan tempat
Jika memiliki modal yang cukup serta hasil dari jahitan Anda sudah ada, maka memilih tempat yang strategis bisa menjadi strategi untuk promosi. Anda dapat memajang hasil kerja Anda sehingga banyak orang melihat dan bisa tertarik untuk mencoba menjahit di tempat usaha Anda. Jika pelanggan sudah banyak, maka jika Anda ingin melanjutkan usaha menjahit di rumah Anda sendiri maka bisa memberikan informasi jika tempat usaha Anda sudah pindah kerumah. Dengan cara ini Anda memiliki dua keuntungan, pertama Anda sukses melakukan promosi  dan berhasil mendapatkan pelanggan. Kedua Anda tidak kehilangan pelanggan dan sekarang tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat karena sudah membuka usaha di rumah sendiri.

3. Persiapan lain – lain
Persiapan lain lain seperti menyiapkan berbagai bahan dan kebutuhan menjahit. Perlu diperhatikan mengenai stok barang dan membeli barang sesuai orderan agar dana lebih hemat. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan meminta uang muka agar nantinya bisa langsung digunakan untuk membeli bahan sesuai kebutuhan. Kebutuhan lainnya seperti kain, benang dan tidak lupa biaya listrik dan air.

4. Persiapan lanjutan
Persiapan lanjutan berhubungan dengan rencana merekrut karyawan. Jika ibu tidak bisa menjahit, ibu – ibu bisa merekrut karyawan terampil yang pandai menjahit. Ibu bisa memperkerjakannya dan menggajinya sesuai dengan perhitungan budget yang ada. Misal ongkos menjahit 1 pakaian sederhana di beri ongkos 20 ribu  s/d 50ribu. Nantinya bisa kita tentukan ongkos jahit pakaian untuk pelanggan.

Nah itulah sekilas mengenai pertimbangan dalam memulai usaha menjahit dimana ini merupakan salah satu peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan dengan modal kecil namun bisa mendapatkan untung besar. Jika Anda ingin memulai usaha dengan modal 1 juta an ini, maka bisnis usaha menjahit ini bisa dicoba, salam sukses!