Mini Butik, Bisnis Rumahan Skala Sedang Yang Menguntungkan

Bisnis rumahan yang menguntungkan – Memilih usaha rumahan yang lagi trend adalah hal yang terdengar mudah namun kedepannya sangatlah perlu kerja keras untuk melakukannya. Persaingan antar pebisnis pastinya akan terjadi. Salah satunya adalah mini butik yang memang sempat trend beberapa waktu yang lalu. Aneka butik pakaian banyak dijumpai di pinggir jalan. Mereka berlomba – lomba menawarkan produk terbaik.

Mini Butik, Bisnis Rumahan Skala Sedang Yang Menguntungkan

Mini butik bisa menjadi salah satu peluang usaha yang Anda pilih. Modal memang perlu meroggoh kocek lebih dalam. Namun jika strategi yang dijalankan bisa berjalan baik, maka bukan tidak mungkin Anda akan sukses.

Butik tidak melulu diisi dengan barang barang hasil orderan namun bisa dari hasil jahitan Anda sendiri. Dengan cara ini pula akan ada variasi barang sehingga konsumen bisa memilih ragam pakaian yang ada.

Membuka usaha butik mini tentunya tidak sama dengan toko pakaian besar seperti department store. Namanya juga mini, maka skala usaha hanya mmebutuhkan tempat yang tidak terlalu besar. Jika tidak memiliki tempat sendiri, kita bisa menyewa kios. Memang harganya tidak mudah namun, jika kita berhasil menarik pelanggan menjadi pelanggan tetap maka kita bisa memindahkan usaha butik mini ke tempat tinggal kita.

Jika pelanggan benar – benar menyukai barang – barang yang Anda tawarkan, maka mereka tidak sungkan – sungkan untuk mencari tempat butik Anda yang baru.

Nah, persiapan apa saja untuk memulai bisnis butik mini? Berikut penjelasan sederhananya.

1. Persiapan awal
Untuk memulai bisnis butik mini maka hal pertama yang sebaiknya dipersiapkan adalah tempat. Tempat sangat mempengaruhi kesuksesan Anda memulai bisnis butik pakaian ini. Lokasi sebaiknya dipilih yang strategis. Atau jika memiliki budget tinggi, sebaiknya sewa ruko atau kios yang strategis. Selain untuk promosi, strategi ini untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

2. Persiapan barang yang dibutuhkan
Buatlah display yang menarik untuk memajang koleksi baju terbaik. Dengan display yang menarik serta dapat mudah dilihat orang yang melintasi depan toko, maka pengunjung dapat lebih terpancing untuk masuk ke toko butik mini Anda. Persiapkan gantungan baju dan tempat baju untuk pakaian yang mau dijual.

3. Memilih grosiran baju yang murah dan terpercaya
Menentukan tempat Anda membeli baju untuk dijual perlu survey yang cermat. Pilihlah tempat grosiran baju yang menyediakan kualitas dan harga yang baik.

Alternatif lain adalah mengajukan kerjasama dengan produsen kecil untuk menjualkan baju mereka di butik mini ibu sekalian. Hal ini tentunya akan menambah keloksi baju sehingga terlihat lengkap dan dapat menghemat buget.

4. Biaya operasional
Biaya operasional disini perlu kita pertimbangkan biaya sewa kios atau ruko, biaya pengeluaran bulanan, listrik dan air. Pemakaian listrik dengan beberapa lampu sorot pada display pemajang pakaian akan membuat toko butik pakaian ibu lebih menarik. 

Untuk nomor telepon, jika ingin menghemat bisa menggunakan nomor kontak hp saja.

Untuk awal usaha, jika dirasa mampu melakukan kegiatan di toko sendiri akan lebih baik daripada menggunakan karyawan. Hitung – hitung menghemat budget. Nanti jika dirasa mulai ada perkembangan baik dan tenaga ibu tidak mencukupi bisa merekrut karyawan baru.

Nah itulah inspirasi bisnis butik mini rumahan skala sedang yang cukup menguntungkan. Memang perlu modal yang tidak sedikit. Dengan kecermatan maka kita bisa sukses menjalankan usaha butik ini.