10 Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dan Utang

Rintangan tersusah dalam menjalani usaha adalah saat pertama memulainya. Ada kalanya orang mempunyai pikiran usaha yang cukup menguntungkan, namun cuman diabaikan saja dalam kepala mereka tanpa usaha untuk mewujudkannya. Mungkin karena ide tersebut bernilai milyaran rupiah, tapi karena tidak dipraktekan maka percuma saja. Ada juga orang yang sudah siap dan bertekad untuk mewujudkan sebuah pemikiran usaha tersebut malah terhalang dengan modal yang sedikit sehingga gagal lagi niat mereka membuka usaha.

10 Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dan Utang

Situasi yang sama juga terjadi pada saat mereka yang bertekad untuk berhubungan di bisnis properti. Sudah menjadi pandangan umum kalau usaha properti membutuhkan modal yang sangat banyak. Pandangan itu tidak 100% benar. Pada kenyataannya, ada yang bisa memulai bisnis properti dengan modal usaha yang minim, bahkan tanpa modal dan tanpa hutang. Diperlukan kemantapan dan kematangan planning bagi kalian yang mau berbisnis properti tanpa modal sama sekali. Dan sebagai rekomendasi anda untuk kedepannya, berikut ini adalah 10 tips memulai bisnis properti tanpa modal dan tanpa utang:

1. Rajinlah Membaca Iklan Properti
Mencoba usaha di binis properti bukan selalu harus langsung skala besar. Cukup dengan menjadi perantara beli-jual properti pun menjadi sarana yang lebih baik untuk memasuki dunia jual beli rumah.

Sebagai awal, ada bagusnya anda mulai rutin melihat-lihat iklan properti di waktu santai anda, supaya anda mengetahui perkembangan dunia property terutama di daerah tempat tinggal anda. Jika ada kesempatan anda bisa mempromosikan jasa anda ke boss properti untuk membantu menemukan buyer, dan juga untuk membantu buyer untuk mencarikan rumah yang mereka idam-idamkan.

2. Mulailah dari Daerah Terdekat Anda
Nggak ada salahnya untuk berbisnis property dari daerah terdekat terlebih dahulu, misalnya keluarga, tetangga, sahabat, dan saudara. Maka dari itu anda akan memperoleh pengetahuan yang cukup untuk nanti berbisnis dengan orang asing. Tentu saja menjadi mediator untuk teman sendiri akan lebih gampang, karena  kamu sudah mengenal sebelumnya. Pada akhirnya juga akan lebih baik lagi untuk melingkupi pasar yang lebih besar dan luas.

3. Bangun jaringan yang Luas
Dalam menjalankan bisnis properti tentu akan sangat mudah jika memiliki network yang luas. Untuk pemula anda tidak perlu putus asa dengan jaringan yang masih sedikit. Pada akhirnya juga dengan berjalannya waktu dengan banyaknya menjalin relasi maka dengan sendirinya jumlah network semakin banyak dan luas dari waktu ke waktu.

4. Selalu Aktif
Belajar bisnis properti adalah bisnis yang fleksibel, yang dimana jenis usaha bisnis ini mengajak para pekerjanya untuk selalu rajin dan uptodate akan berita seputar properti. Oleh karenanya, sangat di anjurkan bagi kalian yang ingin mencoba bisnis peroperti agar selalu menambah pengetahuan tentang property.

Bagaimana caranya? Gampang, dengan mengikuti event property launching, pameran properti dan juga menghadiri pelatihan seminar tentang seluk beluk bisnis jual beli ini. Pasti anda banyak belajar dari event tersebut.

5. Pastikan Segalanya Jelas dan Tertulis
Disaat anda mempromosikan jasa anda, ada bagusnya untuk membuat perjanjian di atas hitam dan putih. Dengan begitu semua memperoleh kejelasan dalam banyak hal, dan juga fee yang akan diterimanya. Bahkan disaat saurada atau teman ditunjuk untuk menjadi mediator, sangat perlu untuk membuat perjanjian secara tertulis tersebut agar lebih transparan akan kewajiban dan hak di kemuadian hari.

6. Gunakan Sosial Media Online
Dunia saat ini semakin berkembang dan internet sudah mengubah banyak orang. Sekarang kebanyakan orang lebih mengarah untuk membeli sesuati lewat online. Karena lebih mudah dan cepat, market online juga sangat lengkap jenis produk dan jasanya. Dengan menggunakan sosial media online kalian akan menjaring calon buyer potensial dengan memakai medsos seperti twitter, facebook atau dengan membuat sebuah website khusus untuk jual beli property anda.

7. Bersikaplah Jujur di segala situasi
Kejujuran adalah hal utama yang diperlukan dalam setiap pekerjaan apapun. Ada saatnya kita mau sukses menjual rumah dengan cepat dan menjalankan cara-cara yang negatif untuk memperoleh keuntungan, salah satunya dengan membohongi kondisi yang tidak benar dari rumah tersebut. Jika anda melakukan ini, dapat berakibat kekecewaan pada pihak buyer yang pada akhirnya akan berpengaruh pada reputasi anda. Demi keuntungan yang tidak seberapa tapi hilangnya reputasi anda yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Lebih baik selalu jujur maka semua pihakpun akan senang dengan kita dan secara tidak langsung reputasi kita semakin baik, tidak menutup kemungkinan para penjual dan pembeli akan merekomendasikan anda ke kerabat meraka.

8. Buatlah Website
Dalam berbisnis tentunya membutuhkan tempat berlabuh bagi pada pembeli dan penjual untuk saling bernegoisasi. Untuk para pemula di bidang properti bisa memakai website untuk toko virtualnya. Modal biaya bulanannya juga tentu jauh lebih murah jika di bandingkan dengan menyewa sebuah ruko untuk di jadikan kantor. Selain itu juga ada beberapa vendor yang memberikan domain murah bahkan gratis, ini sangat cocok bagi anda yang mau berbisnis peroperti ini tanpa modal.

9. Bangun Brand dan Pertahankan Reputasi
Apapun bisnis anda, mau itu bisnis kecil atau besar, membuat brand itu adalah hal yang mutlak. Pembeli pasti lebih percaya jika usaha kita memiliki ciri khas yang bagus, seperti kop surat, alamat jelas, dan logo perusahaan. Banyak penjual jasa branding yang siap menolong ada dalam membuat brand usaha yang mulai dari nol, dan juga ada yang menawarkan harga yang murah. Membangun brand tidaklah mudah namun kalian bisa menjadikan jauh lebih gampang dengan bantuan para ahli yang profesional

10. Tetaplah Tekun dan Bersemangat.
Apapun jenis usaha pasti ada naik turunnya. Ada saatnya tidak mendapat proyek dalam beberapa bulan, nampun ada saatnya kebanjiran orderan dari relasi anda. Saya ingin katakan, apapun yang telah terjadi, tetaplah bersemangat dan bertekun dalam menghadapi pekerjaan baru anda. Anda dapat menggunakan strategi jemput bola dengan cara mengasih tawaran kerja sama dengan pengusaha properti kota anda, dengan menjadi karyawan kontrak mereka.

Demikianlah 10 tips memulai bisnis properti tanpa modal dan utang yang sudah dibeberkan diatas, saya berharap dapat membantu kalian semua dalam membangun bisnis properti yang anda jalankan yang hampir tanpa modal ini.


Sumber : http://peluangusaharumahan.info/