4 Tips Sederhana Memulai Bisnis Kuliner Kaki Lima Agar Sukses

Memulai usaha bisnis kuliner di pinggir jalan haruslah dilakukan dengan cermat dan hati – hati. Kita harus benar – benar memperhitungkan segala aspek agar nantinya kita tidak mengalami kesulitan dan pada akhirnya merugi. Memperhitungkan beberapa hal atau faktor bukan berarti kita takut untuk memulai bisnis ini, namun lebih ke analisa cermat sehingga segala yang akan kita lakukan sesuai dengan rencana.
4 Tips Sederhana Memulai Bisnis Kuliner Kaki Lima Agar Sukses

Beberapa trik dan tips bagi Anda khususnya pemula yang baru akan menggeluti usaha membuka warung kuliner kaki lima dipinggir jalan bisa memperhatikan 3 hal berikut ini.

1. Pilih nama singkat, brandable dan mudah diingat
Mungkin terlihat sepele namun memilih nama atau merek yang mudah diingat akan membuat pengunjung dan konsumen akan datang lagi jika masakan atau menu yang Anda sajikan enak. Jika Anda memiliki target orang luar kota untuk selalu mampir ke warung makan Anda, maka nama yang mudah diingat akan sangat membantu orang untuk menemukan kembali warung makan Anda. Karena bukan tidak mungkin, disisi kanan dan kiri warung Anda sudah banyak berdiri warung – warung makan sejenis.

2. Perhatikan tempat dan penerangan yang ada
Tempat yang nyaman dengan cahaya lampu yang memadai membuat rumah makan Anda terlihat lebih mencolok. Lampu yang ala kadarnya membuat orang tidak tertarik untuk mampir atau singgah diwarung Anda. Lengkapilah lampu yang terang  sehingga warung lebih terlihat mecolok. Kalau perlu pakai lampu warna – wari di depan pintu masuk agar orang tertarik. Cara ini juga terdengar sepele, namun tetap berpengaruh dalam kemajuan warung kuliner Anda.
Selain itu pemilihan lokasi juga akan mempengaruhi dalam kemudahan di dalam mendapatkan pelanggan. Untuk itu pilihlah lokasi yang strategis, banyak dilewati orang, akses mudah dan tentunya nyaman.

3. Buat menu masakan seenak mungkin
Ini merupakan cara mutlak yang harus kita lakukan jika ingin menggunakan menu masakan sebagai produk yang kita jual. Menu makanan haruslah enak sesuai dengan lidah orang – orang yang berkunjung di warung Anda. Buatlah bumbu seenak mungkin, namun jangan berlebihan menggunakan penyedap rasa, karena beberapa orang akan kritis terhadap rasa penyedap dari suatu masakan.

4 Tips Sederhana Memulai Bisnis Kuliner Kaki Lima Agar Sukses

Masakan yang terlalu banyak penyedap rasa juga akan dihindari bagi mereka yang bermasalah terhadap kesehatan, seperti darah tinggi, diabetes dan lain – lain.

4. Harga bersaing
Salah satu yang mendorong orang untuk berlangganan selain 3 faktor diatas adalah harga. Harga yang bersaing, atau lebih murah walaupun tidak terpaut jauh akan mempengaruhi orang untuk datang dan membeli di warung makan Anda. Bahkan mereka akan menjadi pelanggan tetap. Walaupun beberapa orang mengabaikan mengenai harga jika masakan Anda tetap enak, namun dengan harga yang sedikit saja lebih murah maka penjualan akan meledak.

Nah itulah tips sederhana  memulai bisnis kuliner dengan memperhatikan 3 faktor penting saat akan menjalankan usaha warung makan. Semoga bermanfaat.