Jualan Majalah Import, Bisnis Modal Kecil Cocok Untuk Mahasiswa

Apakah Anda masih kuliah? Mungkin Anda memiliki waktu luang untuk mengisinya dengan dengan membuka sebuah bisnis, khususnya bisnis modal kecil yang cocok untuk para mahasiswa. Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan modal yang tidak terlalu besar salah satunya adalah jualan majalah import.

Mungkin terdengar sepele ya, jualan majalah bekas import. Namun majalah import memiliki “penggemar” sendiri loh. Jadi jangan anggap remeh bisnis jualan majalah import bekas.

Jualan Majalah Import, Bisnis Modal Kecil Cocok Untuk Mahasiswa

Berbagai majalah sangat diminati oleh para pembeli, seperti topic interior desain rumah, fashion, otomotif dan lain sebagainya.

Meskipun bekas, banyak dari para pencari majalah import tidak terlalu mempedulikannya. Yang penting mereka suka dengan topik dan isinya. 

Namun begitu sebaiknya ada catatan khusus nih, sebaiknya kita kulakan majalah import bekas tidak lebih dari 3 atau 4 bulan, agar tidak terdengar basi – basi amat. Disamping itu, dalam jangka waktu tersebut, majalah masih memiliki pembahasan dan isi yang terbilang relefan, artinya tidak jadul – jadul amat.

Untuk sasaran pasar bisnisnya adalah  mahasiswa. Kebanyakan mereka memiliki waktu luang. Mereka cenderung bosan untuk baca buku yang bikin urat saaf tegang, jadi mereka mencari buku atau majalah yang enak dibaca dan menambah pengetahuan.

Bisa juga Anda membuat survey sederhana, tentang minat para mahasiswa dalam membaca majalah. Topik apa saja yang banyak mereka inginkan. Anda dapat mencari informasi di toko buku besar atau pusat shoping buku. Dengan begini maka kita nantinya menjadi tahu, majalah apa saja yang perlu kita beli untuk dijual kembali.

Cara kulakan majalah import bekas

Untuk kulakan majalah import bekas, Anda dapat mencari di toko – toko buku besar seperti Times Book Shop, atau toko – toko buku besar lainnya. Selain itu, Anda dapat bertanya pada teman atau orang lain yang gemar membeli majalah import dan sudah bosan terhadap majalah tersebut. Anda dapat meminta atau membeli majalah import tersebut.

Selain itu, Anda dapat mencari para pemasok majalah bekas yang bersumber dari beberapa hotel, kantor dan lainnya. Anda dapat membelinya dari para pemasok tersebut. Harga dari pemasok tersebut berkisar Rp.1000 sampai dengan Rp.2000 dan paling mahal Anda dapatkan dengan harga Rp.5000 saja. Atau Anda dapat membeli dengan jumlah kiloan jika memang stok ada, dan tentu ini lebih murah, tapi tetap teliti tanggal penerbitan majalah tersebut.

Pemilihan majalah import

Seperti telah disinggung diatas, pemilihan majalah import haruslah sesuai dengan topik yang banyak digemari oleh para pembeli terutama mahasiswa. Topik - topic terhangat dalam waktu tiga bulanan tersebut misalnya fashion atau otomotif menjadi prioritas kita.

Menentukan harga majalah import bekas

Majalah import bekas dapat dijual dengan harga  Rp.10,000 sampai dengan Rp.20.000 dengan harga originalnya berkisar Rp.40.000. Sedangkan harga asli berkisar Rp.70,000 an, bisa dijual kembali dengan harga bekas Rp.35.000. Dilihat dari kulakan yang hanya 2ribu sampai 5 ribu saja per eksemplar, tentunya bisnis ini terlihat sangat menguntungkan ya.

Jualan Majalah Import, Bisnis Modal Kecil Cocok Untuk Mahasiswa

Agar lebih menarik sebaiknya majalah import tersebut dikemas dengan plastik kembali. Hal ini agar menjaga majalah tersebut tetap terlihat seperti baru dan tidak kotor sehingga para pembeli tetap tertarik. 

Pemilihan lokasi juga sangat perlu dipertimbangkan . Pilihlah lokasi yang ramai pengunjung. Anda dapat mencontoh beberapa toko majalah bekas yang sudah lebih dulu berjualan. Beberapa lokasi toko buku bekas juga bisa Anda sewa sebagai tempat bisnis baru Anda. Bisnis modal kecil ini cocok untuk mahasiswa atau pelajar lain sebgaai usaha sampingan. Semoga menginspirasi.